MENGENAL VISI SMPIT AR RAHMAH DALAM MENCETAK GENERASI RABBANI, MANDIRI DAN BERPESTASI
Penulis: Ullil A
Foto edited.
SMPIT Ar Rahmah Tekung terus berkomitmen melahirkan generasi unggul melalui visi utamanya, yaitu “Terwujudnya Generasi Rabbani, Mandiri, dan Berprestasi.” Visi ini menjadi arah bagi seluruh kegiatan pendidikan, pembinaan karakter, dan program unggulan di sekolah berbasis Islam tersebut.
Generasi Rabbani adalah mereka yang memiliki hubungan erat dengan Allah, berilmu agama, serta mampu mengajarkannya kepada orang lain. Santri diharapkan memiliki hafalan minimal tiga juz selama menempuh pendidikan di SMPIT, terbiasa shalat lima waktu berjamaah, berpuasa sunnah Senin-Kamis, melaksanakan qiyamullail, gemar tilawah minimal setengah juz per hari, serta rajin berinfaq dan bersedekah. Selain itu, siswa juga dibimbing agar mampu menjadi imam dalam berbagai jenis shalat, baik wajib maupun sunnah.
Sementara itu, karakter Mandiri yang kami harapkan adalah Santri melakukan aktivitas positif yang didorong oleh kemauan sendiri
Mandiri menjadi ciri khas yang ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Kemandirian di SMPIT Ar Rahmah mencakup empat bidang, yaitu mandiri beribadah, mandiri belajar, mandiri memenuhi kebutuhan pribadi, dan mandiri tahfidz.
Siswa dibiasakan untuk memiliki rasa percaya diri, mampu mengambil keputusan, bertanggung jawab atas setiap tindakan, serta berinisiatif dalam menghadapi permasalahan. Dalam keseharian, siswa dilatih untuk melaksanakan ibadah tanpa bergantung pada orang lain, belajar dengan inisiatif sendiri, mengatur kebutuhan pribadi seperti makan, berpakaian, hingga menjaga kebersihan diri, serta memiliki target hafalan yang terus dievaluasi secara rutin.
Adapun nilai Berprestasi menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya sekolah mencetak generasi unggul.
Visi Berprestasi adalah Siswa diarahkan memiliki hasil atas usaha yang dicapai dengan mengandalkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual, serta ketahanan diri dalam menghadapi situasi segala aspek kondisi.
Siswa didorong untuk berkompetisi secara sehat, bekerja keras, serta memadukan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual dalam mencapai prestasi.
Indikator siswa berprestasi antara lain memiliki bukti capaian seperti sertifikat atau piala, aktif mengikuti kompetisi sesuai minat dan bakat, berhasil memenuhi target bersama pendamping (perubahan prilaku, perubahan kebiasaan, menaklukkan emosi, terpenuhi nilai akademik/hafalan sesuai target pribadi, dll ) serta memiliki keterampilan yang bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, siswa juga diharapkan mampu memegang peran penting dalam organisasi intra dan ekstrakurikuler.
Bagi kami, semua siswa adalah layak berprestasi dari start yang berbeda, dalam bidang masing-masing dan dan tidak harus berkompetisi dengan orang lain melainkan berkompetisi dengan dirinya sendiri.
Kepala SMPIT Ar Rahmah Tekung, Ustadz Ulil Albab, S.S., menegaskan bahwa visi sekolah bukan sekadar slogan, melainkan arah pembentukan karakter dan budaya belajar di lingkungan sekolah.
“Kami ingin setiap siswa SMPIT Ar Rahmah tumbuh menjadi pribadi yang dekat dengan Allah, memiliki semangat kemandirian, dan terus berprestasi di bidang yang mereka cintai. Visi ini menjadi semangat kami dalam setiap kegiatan pendidikan dan pembinaan karakter,” ujar Ustadz Ulil.
Dengan visi “Rabbani, Mandiri, dan Berprestasi” inilah, SMPIT Ar Rahmah Tekung berupaya mewujudkan generasi yang berkarakter islami, tangguh dalam menghadapi tantangan zaman, serta berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Fakta Menarik tentang SMPIT Ar Rahmah Tekung: Sekolah Islam Terpadu Tertua dan Terbesar di Lumajang
Penulis: Ulil A. SMPIT Ar Rahmah Tekung kembali menegaskan posisinya sebagai salah satu lembaga pendidikan unggulan di Kabupaten Lumajang. Berdasarkan data terkini dan berbagai capai
KEYAKINAN YANG HARUS DIPAHAMI TENTANG MONDOK
Oleh: Ulil A. KS SMPIT Ar Rahmah Tekung Setiap santri punya cerita unik di balik keputusan mereka untuk mondok. Ada yang berangkat dengan semangat membara, ada pula yang sempat ra
DONGKRAK KOMPETENSI GURU: KS SMPIT AR RAHMAH HADIRI LOKAKARYA PEMBELAJARAN MENDALAM MGMP IPS SMP SWASTA LUMAJANG
Lumajang, 8 Oktober 2025 — Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru IPS, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP Swasta Kabupaten Lumajang menggelar Lokakarya Pembelajara
Santri SMPIT Ar Rahmah Perkuat Karakter Lewat Film “Cyberbullying”
Lumajang, 10 Oktober 2025 — Dalam upaya memperkuat karakter dan meningkatkan kesadaran digital di kalangan remaja, santri putra-putri SMPIT Ar Rahmah Tekung mengikuti kegiatan non
PENUH KEAKRABAN: PESERTA MGMP IPS SMP SWASTA LUMAJANG CERIA DI PERTEMUAN PERTAMA
Lumajang, 24 September 2025 – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP Swasta Kabupaten Lumajang kembali menggelar pertemuan rutin pada Rabu (24/09) di SMP Ibnu Sina. Kegia
Imunisasi Vaksin Kanker Serviks untuk Siswi SMPIT Ar Rahmah
Foto: ilustrasi Lumajang, 26 Agustus 2025 – SMPIT Ar Rahmah Tekung kembali melaksanakan program kesehatan bagi siswi kelas IX berupa imunisasi vaksin kanker serviks (HPV). Kegi
PENELUSURAN DATA ALUMNI
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh Hai, alumni SMP ISLAM TERPADU AR RAHMAH TEKUNG dimanapun berada yang selalu kami banggakan dan rindukan. Berikut ini kami sampaikan link pen
Pembentukan MGMP IPS SMP Swasta Kabupaten Lumajang
Lumajang, 19 Agustus 2025 – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP Swasta Kabupaten Lumajang resmi dibentuk pada Selasa (19/8) bertempat di SMP Ibnu Sina Lumajang. Kegiat
DAILY ACTIVITY SANTRI SMP IT AR RAHMAH TEKUNG LUMAJANG
Daily Activity Santri SMP IT Ar Rahmah Tekung 03.00-04.00: Bangun Pagi, Qiyamul Lail 04.00-04.30: Sholat subuh 04.30-05.30: Alma’tsurat Pagi-Tahfidz 05.30-07.00: Persiapan Sek
KISI-KISI OSN SD IPS (IPAS) 2025
KISI-KISI OSN SD IPS (IPAS) 2025 Keterampilan dan Metode Ilmiah: Membaca peta:Memahami simbol, skala, dan fungsi peta. Fenomena alam:Letak geografis Indonesia, keanekarag